Kaos Aremania Surabaya

Kaos Aremania Surabaya | Kaos Satuan Malang

Seperti kita ketahui bahwa aremania merupakan kelompok supporter terbesar di jawa timur saat ini mengalahkan bonek yg dulu pernah menguasai jatim interval tahun 70an sampai 2000an. akan tetapi, pada ara 2004 aremania mulai menunjukan jati diri mereka sebagai kelompok supporter terbesar di jatim. saat juara divisi utama 2004 silam di mulainya era keemasan arema dan 2 tahun berturut-turut 2005 dan 2006 juara piala Indonesia saat dilatih bendol (benny dollo) dan pada saat itu, arema tidak dapat dianggap sebagai tim kuda hitam lagi. Tetapi, menjadi tim besar di kandangnya sendiri kabupaten malang dan kota malang yg dulunya supporter aremania yg hanya 80 ribu pada 2008 telah mencapai 700 ribu penggemar dan menyatakan diri sebagai supporter aremania sejati. bahkan di luar pulau pun seperti kaltim,jabar,Jakarta,sulsel,bali dll banyak dibuka korwil aremania bahkan di seluruh jatim pun ada termasuk Surabaya yg terkenal dengan seteru abadi.

kaos aremania surabaya kaos satuan malang

kaos aremania surabaya kaos satuan malang

di Surabaya, awalnya aremania sangat sedikit jika dibanding supporter daerah lain seperti (la mania,Viking dan sakera mania) yg ada disurabaya. tetapi seiring banyaknya penduduk malang yg menetap di Surabaya yg di dominasi pekerja dan mahasiswa yg setiap tahunya hampir sekitar 50 ribu warga malang yg berurbanisasi di Surabaya atau hamper 20% urbanisasi di Surabaya adalah berasal dari malang dan lainya dari kota lain di jatim. menjadikan kaum urban terbesar ke 2 di surabaya setelah madura sebenarnya warga malang dulu juga banyak menjadi pendatang atau kaum urban di surabaya pada tahun 80an warga malang berbondong-bondong ke surabaya untuk mengadu nasib bahkan ada yg bilang setiap RT di malang pasti ada orang yg bekerja di surabaya.

bagi warga malang di surabaya adalah serasa rumah kedua karena jaraknya sangat dekat karena hanya dibatasi dua kabupaten yaitu pasuruan dan sidoarjo.  kebanyakan warga malang disurabaya suka menyebar di kota surabaya dan terkadang juga berkumpul dalam suatu wilayah (seperti orang madura di surabaya yg biasanya berkumpul di suatu wilayah membuat pemukiman padat contoh: surabaya utara yg merupakan basis warga madura) akan tetapi warga malang sangat jarang berkumpul dalam suatu wilayah karena orangnya lebih suka hidup menyebar alasanya agar tidak terjadi persaingan pekerjaan. hingga tidak jarang banyak orang malang yg sukses di surabaya oleh karena banyaknya warga malang di surabaya yg hidup secara menyebar di seluruh wilayah di surabaya mereka perlu ada yg menyatukan agar jati diri identitas warga malang di perantauan tidak hilang. Maka, mereka berfikir bagaimana bisa menyatukan warga malang di surabaya caranya dengan membuat komunitas yg mudah dikenali dan mempunyai IKON kota dan kabupaten malang. yakni klub arema  yg dikenal sebagai jati diri kera ngalam kebanggaan seluruh warga malang maka aremania lah yg mampu mempersatukan warga malang di perantauan termasuk di surabaya.

maka di buatlah komunitas AREMANIA SURABAYA bahkan di setiap wilayah di surabaya ada juga komunitas kecil aremania tetapi jumlahnya sedikit. di surabaya sendiri di perkirakan setidaknya 400 ribu pendatang dari malang yg menetap di surabaya dan menjadi warga surabaya.  jika 400 ribu mendeklarasikan atau mendukung arema maka jumlah itu sama dengan membangun 8x stadion GBT (gelora bung tomo) yg kapasitasnya hanya 50 ribu penonton. maka tidak cukup untuk menampung 400 ribu aremania di seluruh surabaya belum lagi di daerah jatim lainnya seperti jombang,kediri,lamongan,gresik dan madura yg banyak warga lokal yg mendukung arema dan menjadi aremania walaupun bukan asli malang. maka sebagai pembanding adalah fanspage aremania yg lebih banyak disukai daripada fanspage bonek yg membuktikan aremania banyak yg loyalitasnya tinggi karena prestasi arema yg membanggakan persepakbolaan jatim dan sepatutnya di cintai warga jatim sebagai klub legendaris di jatim

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s